Kadet Informatika Kembali Meraih Juara 1 dalam Lomba UI/UX Nasional

Sersan Mayor Dua Kadet Rizqullah Aryaputra Piliang dari Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan meraih Juara 1 dalam Lomba UI/UX pada Computer and ITE Event di Universitas Pertamina pada 27-30 September 2024.

SMDK Arya menyisihkan peserta finalis lain dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia dan juga Universitas Brawijaya. Ide yang ditampilkan adalah Learnable yaitu sistem pembelajaran inklusif melalui aplikasi mobile untuk mahasiswa penyandang disabilitas. Visitasi dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus serta SLB setempat. Learnable bertujuan untuk mewujudkan pendidikan di bermutu di Indonesia yang inklusif, menyeluruh, dan juga efesien dimana seluruh Mahasiswa dapat belajar sesuai dengan minat bakat tanpa batasan tertentu yang menghalangi mereka. Cakupan penelitian yang mendalam membuat Learnable diapresiasi oleh dewan juri dan mendapat peringkat 1 pada saat penilaian akhir.

Dalam acara presentasi dan pemberian juara turut hadir pula dosen pembimbing Anindito, S.Kom., S.S., M.T.I., CHFI dari Prodi Informatika.

Bidang UI/UX berfungsi untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh pengguna. Menciptakan produk yang berfokus pada pengalaman pengguna artinya programmer perlu menghadirkan fitur-fitur, kemudahan navigasi, dan tampilan yang memang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Jenis produk demikian cenderung akan lebih mudah diminati. Hal ini memungkinkan sebab pengguna bisa merasa nyaman dan merasa kebutuhannya terpenuhi dengan produk tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X