Program Studi Teknik Informatika adalah Program Studi yang mengembangkan disiplin ilmu Komputer (computer science) sebagai ilmu teknik agar para Kadet Mahasiswa lulusannya memiliki keahlian dan kemampuan untuk mengaplikasikan 3 (tiga) bidang konsentrasi ilmu Teknik Informatika, yaitu :
- Keahlian dan kemampuan di bidang Sistim Komputer, Arsitektur dan Jaringan Komputer;
- Keahlian dan kemampuan di bidang Rekayasa Aplikasi Perangkat Lunak (software engineering) dan computer simulation & modelling;
- Keahlian dan kemampuan di bidang Teknologi Informasi, Internet of Things (IoT), Cyber Security dan Cyber Defense.
Ketiga konsentrasi ilmu Teknik Informatika tersebut difokuskan untuk mendukung Kepentingan Militer/Pertahanan sebagai ciri khas Universitas Pertahanan. Diharapkan para lulusan Prodi Teknik Informatika dapat segera terserap bekerja mengisi kebutuhan TNI/Kemhan/Kementerian Lembaga dan stakeholders terkait (link & match) akan kebutuhan Sumber Daya Manusia bidang TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) , Artificilal Intelligence, Cyber Security dan Cyber Defense. Sistim SKS dalam Kurikulum Program Studi Teknik Informatika memiliki bobot 20% dari total 144 SKS yang konten mata kuliahnya didisain untuk mendukung kepentingan Militer/Pertahanan. Di dalam melaksanakan sistim perkuliahannya, Program Studi Teknik Informatika mengadopsi konsep belajar Merdeka (Kampus Merdeka) dengan komposisi 3 Semester (60 SKS) perkuliahan bisa dilakukan di luar Prodi atau diluar Kampus Unhan termasuk melakukan KKLN (Kuliah Kerja Luar Negeri), KKDN (Kuliah Kerja Dalam Negeri), Magang dan On The Job Training. Para Kadet Mahasiswa lulusan Prodi Teknik Informatika adalah merupakan Kader Intelektual Bela Negara yang nantinya siap ditempatkan di seluruh penjuru Nusantara dalam rangka mengemban misi Pertahanan Negara.
VISI
“Pada Tahun 2027 menjadi Program Studi Informatika yang unggul di bidang Cyber Defense dan terdepan di tingkat nasional dalam rangka pengembangan Ilmu Pertahanan di Indonesia”
MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran secara profesional dan berkualitas, berdaya saing global dan relevan dengan tujuan pendidikan nasional.
- Mendidik calon pimpinan sipil dan militer yang profesional di bidang Informatika.
- Menyelenggarakan penelitian di bidang Informatika;
- Mengembangkan ilmu melalui penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang Informatika yang mengarah pada penyelesaian ancaman secara dijital dengan penekanan pada kekhasan Indonesia.
- Menjalin kerjasama dengan institusi tingkat nasional dan internasional untuk melakukan penelitian di bidang Informatika.
- Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat terhadap ancaman nonkonvensional untuk mendukung Pertahanan Negara.
- Menjadi think tank bidang Informatika dalam pertahanan negara.
- Marsekal Pertama TNI Dr. Ir. Rudy Agus Gemilang Gultom, M.Sc., CEH., CIQaR (NIDN. 4719086701)
- Kolonel Laut (Purn) Ir. Suhartotok, S.T., M.M.S.I., IPU, ASEAN Eng. (NIDN. 4708076301)
- Kolonel Laut (Purn) Dr. Ir. Sapto Ongko Putro A.H, M.M.S.I. (NIDN. 4723086301)
- Letkol Laut (KH) Dr. Hondor Saragih, S.T., M.Si (Han). (NIDN. 4716057501)
- Penata III/c Dr. Ir. Aulia Khamas Heikhmakhtiar, S.Kom., M.Eng. (NIDN. 4708059101)
- Penata Muda Tk.I III/b Nadiza Lediwara, S.T., M.Eng (NIDN. 0009028802)
- Penata Muda Tk.I III/b Sembada Denrineksa Bimorogo, S.T., MTI
- Penata Muda Tk.I III/b Aditya Adiprabowo, S.T., M.Sc
- Anindito, S.Kom., S.S., MTI., CHFI (NIDN. 4719057801)
- Ajeng Hidayati, S.Kom., M.Kom (NIDN. 4721048401)
- Letda Cpl Rochedi Idul Adha, S.Kom., M.M.S.I (NIDN. 4713078901)
- Kadet Mahasiswa memiliki keahlian dan kemampuan untukmengaplikasikan bidang ilmu Sistem Komputer untuk kepentingan Militer/Pertahanan, seperti: Arsitektur & jaringan Komputer, Embedded System, Virtual Reality (VR), Sistem Jaringan Komputer, Arsitektur Komputer, Cryptography, dll.
- Kadet Mahasiswa memiliki keahlian dan kemampuan untuk melakukan simulasi dan pemodelan serta eksperimen bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak untuk kepentingan Militer/ Pertahanan, seperti: Artificial Intelligent (AI), Big Data Analystics, Database, Programming, Information Retrieval, Expert System, dll.
- Kadet Mahasiswa memiliki keahlian dan kemampuan menggunakan komputer dan program aplikasi bidang ilmu Teknologi Informasi untuk mendukung kepentingan Militer/ Pertahanan, seperti: IT/ Cyber Security, Cyber Warfare, Network Centric Warfare, C4ISR, Cloud Computing, Internet of Things (IoT), dll.
- Capaian pembelajaran Program Studi Informatika dirumuskan berdasarkan KKNI level 6 yang akan dirincikan sesuai dengan kebutuhan lulusan program studi. Capaian pembelajaran tersebut harus dapat mendukung profil lulusan yang telah ditetapkan sebelumnya. Rumusan capaian pembelajaran program studi Informatika yang sesuai dengan profil lulusan sebagaimana tercantum dan merujuk pada deskripsi capaian pembelajaran SN-Dikti dan level 6 (enam) KKNI disajikan dibawah ini:
I. Aspek Sikap
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa, dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
- Berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna;
- Bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.
II. Aspek Pengetahuan
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip sistem cerdas serta menguasai konsep dan prinsip- prinsip ilmu komputasi;
- Menguasai konsep dan prinsip arsitektur, sistem dan dasar-dasar jaringan komputer berbasis sistem logika;
- Menguasai konsep teoritis dan prinsip-prinsip tentang komputasi berbasis jaringan dan teknologi terkini;
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip: perancangan dan pembangunan perangkat lunak;
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip grafika komputer meliputi pemodelan, rendering, animasi dan visualisasi, serta menguasai konsep dan prinsip- prinsip interaksi manusia dan komputer;
- Menguasai prinsip dan teknik penyelesaian permasalahan dengan menggunakan persamaan matematika;
- Menguasai konsep dan prinsip-prinsip penangkapan,pengolahan dan penyimpanan informasi dalam berbagai bentuk format;
- Menguasai prinsip-prinsip pembuatan suatu algoritma dan berbagai macam konsep bahasa pemrograman.
III. Aspek Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir,dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
- Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
- Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan;
- Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya;
- Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.
IV. Aspek Keterampilan Khusus
- Mampu merancang dan membangun aplikasi dengan menerapkan prinsip-prinsip sistem cerdas dan ilmu komputasi;
- Mampu menerapkan arsitektur komputer, prinsip-prinsip kerja sistem operasi yang mempunyai kinerja tinggi, aman, dan efisien;
- Mampu menerapkan konsep komputasi berbasis jaringan, komputasi paralel, dan komputasi terdistribusi;
- Mampu menganalisa, merancang dan membangun perangkat lunak secara teknis dan manajerial;
- Mampu membangun aplikasi menggunakan prinsip-prinsip grafika komputer dengan ketepatgunaan untuk membangun aplikasi dengan antar muka yang sesuai;
- Mampu menyelesaikan persoalan komputasi dan pemodelan matematis melalui pendekatan eksak, stokastik, probabilistik dan numerik secara efektif dan efisien;
- Mampu mengumpulkan, mendigitalisasi, dan memproses data menjadi informasi yang efektif dan efisien;
- Mampu merancang dan menganalisa algoritma untuk menyelesaikan permasalahan secara efektif dan efisien.