Prodi Teknik Sipil FTM Unhan RI Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, “Implementasikan Struktur Baja-Dirikan Bangunan Sederhana Tempat Pengolahan Sampah di Komplek Hankam Mabes TNI Jakarta Timur”

Jakarta (16/6) – Kadet Mahasiswa Cohort-1 didampingi Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Fakultas Teknik Militer (FTM) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pembangunan Taman Edukasi Komplek Hankam Mabes TNI Cibubur”, dipimpin oleh Sesprodi Teknik Sipil Kolonel Czi Ir. Kristijarso, S.IP., M.M., mewakili Dekan Fakultas Teknik Militer Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng., bertempat di Komplek Hankam Mabes TNI Jl. Delima II B Cibubur, RT 01/ RW 03, Klp. Dua Wetan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat FTM Unhan RI di Komplek Hankam Mabes TNI Jakarta Timur, diterima oleh Ketua RW 03 Drs. Jiwa Setiaji, M.M. Acara ini diawali dengan sambutan dari Dosen Prodi Teknik Sipil Unhan RI Nina Purwanti, S.T., M.Sc. selaku Ketua. Dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua RW 03 Drs. Jiwa Setiaji, M.M karena telah disambut baik kedatangannya beserta rombongan di Komplek Hankam Mabes TNI Jakarta Timur.

Ketua Panitia, juga memperkenalkan para mahasiswa prodi Teknik Sipil Cohort-1 FTM Unhan RI yang akan mengimplementasikan struktur baja yang telah dipelajari sebelumnya dan berpartisipasi dalam mendirikan bangunan sederhana tempat pengolahan sampah di taman edukasi Komplek Hankam Mabes TNI. Sekaligus juga menerapkan mata kuliah pengenalan lingkungan. Lebih lanjut, tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan desain berupa gambar rencana Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pekerjaan konstruksi struktur TPST di Taman Edukasi Komplek Hamkam Mabes TNI Cibubur. Diharapkan kegiata ini dapat berdampak dan memberi manfaat untuk seluruh peserta.

Selanjutnya Ketua RW 03 Komplek Hankam Mabes TNI Cibubur, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerja keras seluruh panitia dalam pelaksanaan kegiatan ini. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberi manfaat terkait ketersediaan TPST dan memberikan sosialisasi tentang konstruksi struktur baja pada warga Komplek Hankam Mabes TNI Cibubur.

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan pembangunan TPST yang melibatkan seluruh peserta yaitu Kadet Mahasiswa Cohort-1 FTM Unhan RI. Adapun pada pelaksanaan konstruksi baja ringan melibatkan Sersan Kadet Teknik Sipil Unhan RI, sehingga diharapkan para kadet dapat memperoleh pengalaman ilmu praktikal pelaksanaan konstruksi struktur baja ringan. Baik warga setempat, panitia kegiatan, dan Sersan Kadet Teknik Sipil FTM Unhan RI bersama-sama melaksanakan pembangunan TPST yang diselingi dengan sosialisasi tentang konstruksi baja ringan oleh para Dosen Prodi Teknik Sipil FTM Unhan RI.

Acara ditutup dengan foto bersama dengan seluruh peserta Kadet Mahasiswa Cohort-1 FTM Unhan RI dan dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat dan plakat Ketua Panitia kepada Ketua RW 03 Komplek Hankam Mabes TNI Cibubur.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X