Fakultas Teknik Militer (FTM) Unhan RI Laksanakan Seminar Series #6 bahas “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mendukung Monitoring dan Evaluasi Kinerja Organisasi” dan “The Use of Technology in Regard to the Intelligence Operations”

Bogor (15/9) – Fakultas Teknik Militer (FTM) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan Seminar Series #6, membahas “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Mendukung Monitoring dan Evaluasi Kinerja Organisasi” dan “The Use of Technology in Regard to the Intelligence Operations”. Seminar Series #6 dibuka oleh Dekan FTM Unhan RI Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng, acara dilaksanakan secara daring zoom meeting dan luring bertempat di Gedung Theater Auditorium Unhan RI, Kawasan IPSC Sentul, Jawa Barat.

Seminar Series #6 menghadirkan 2 (dua) narasumber yaitu Dosen Tetap Prodi Informatika FTM Unhan RI Kolonel Laut (Purn) Dr. Ir. Sapto Ongko Putro A.H, M.M.S.I dan Staf Ahli “E” Teklog Pangkoarmada I Kolonel Laut (T) Aditya Kumara, S.T., M.Sc., PGDipArts, dan acara dipandu oleh Sesprodi Teknik Elektro FTM Unhan RI Bapak Kolonel Laut (E) Hery Sudaryanto, S.T., M.Han selaku Moderator.

 

Dekan FTM Unhan RI menyampaikan bahwa saat ini, kebutuhan akan informasi di setiap bidang kehidupan baik sosial, budaya, ekonomi, politik dan hukum ikut berkembang. Kebutuhan akan informasi tidak lepas dari peran teknologi. Oleh karena itu, teknologi informasi dan komunikasi memainkan peran penting dalam melakukan kegiatan, baik di dalam organisasi maupun di bidang pribadi dan non-pribadi. Saat melakukan kegiatan organisasi atau lembaga, dokumen yang diproduksi digunakan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan dan pengambilan keputusan.

 

Kemajuan yang sangat pesat dalam bidang teknologi seperti teknologi komunikasi, komputer, teknologi informasi, teknik dan elektronika berdampak besar pada sistem dunia intelijen. Revolusi teknologi dan informasi telah mengubah banyak bidang kehidupan. Pekerjaan yang dulu mengandalkan tubuh telah digantikan oleh pekerjaan yang mengandalkan otak, menganalisis, dan memproduksi bahkan kekayaan data dan arus informasi. Secara kolektif, teknologi informasi mampu mengenali berbagai macam sumber terbuka dan penyebarannya cepat. Dalam perkembangan ini, keberadaan teknologi informasi menjadi penyebab utama peralihan dari era informasi ke era intelijen. Namun di sisi lain, kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh individu dan pihak tertentu untuk melakukan kejahatan. Diharapkan melalui Seminar Series #6 FTM Unhan RI, dapat memberikan manfaat dan meningkatkan wawasan, serta memperkaya pengetahuan khususnya untuk Kadet Mahasiswa FTM Unhan RI.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X