Kadet Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Berhasil Raih Gold Medal, Best Project dan Grand Award dalam Kompetisi Indonesia International IoT Olympiad 2024

Semarang (28/06) – Kadet Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan RI berhasil meraih Gold Medal, Best Project dan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) Grand Award pada event yang diselenggarakan oleh Indonesia International IoT Olympiad (I3O) dan International Youth Business Competition (IYBC). Tim yang bernama E-Team ini beranggotakan Sersan Mayor Dua Kadet M. Fazil Rais, Sersan Mayor Dua Kadet M. Ilham Al Fatrah, Sersan Mayor Dua Kadet M. David Chaidir, Sersan Mayor Dua Kadet Chadafa Zulti Noorta dan Sersan Kadet M. Irsyaad Nurrahman yang dibimbing oleh bapak Kolonel Laut (E) Dr. H. A. Danang Rimbawa, S.Si., M.T., M.Tr.Opsla., C.E.H., CSBA., IPM., ASEAN Eng selaku Kaprodi Rekayasa Pertahanan Siber FSTP Unhan RI sekaligus Dosen Tetap Program Studi Teknik Elektro FSTP Unhan RI. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 25 – 28 Juni 2024 yang bertempat di Universitas Diponegoro, Semarang.

Dalam ajang ini, kontingen Unhan RI mengirimkan satu tim andalan mereka yaitu E-Team dengan judul karya “RESCUE (Recognition Enabled Security Communication Urgency Enhancer). Tim yang berhasil memperoleh 3 (tiga) penghargaan sekaligus dan menjadi juara umum dalam kompetisi IYSA diantaranya adalah Gold Medal, Best Project, Indonesian Young Scientist Association (IYSA) Grand Award, dan Fully Funded World Invention Competition and Exhibition (WICE) Malaysia 2024 (termasuk Registrasi, Tiket, Hotel dan Akomodasi).

Kompetisi ini diikuti oleh 177 peserta dari 6 negara (diantaranya Indonesia, Vietnam, Thailand, Iran, United Emirates Arab, & Turkey). Keberhasilan Para Tim Kadet Mahasiswa Program S-1 Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan RI di ajang lomba ini adalah suatu prestasi luar biasa yang memperkuat reputasi dan dedikasi mereka dalam bidang penelitian teknik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X