Kunjungan Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air FSTP Unhan RI ke Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur BRIN: Memperkuat Kolaborasi Internasional dalam Penelitian dan Pendidikan

Bogor (23/07) Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia mengadakan kunjungan kerja ke Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur (PRTKS) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berlokasi di Kawasan Sains dan Teknologi BJ Habibie. Kunjungan ini menjadi momentum penting bagi ketiga organisasi yang terlibat, yaitu PRTKS BRIN, RSDA FSTP Unhan RI, dan National Yunlin University of Science & Technology (YunTech), ROC. Prof. Muhsiung Chang dari YunTech hadir sebagai perwakilan dan memberikan paparan komprehensif mengenai penelitian yang telah dilakukan selama 25 tahun terakhir. Penelitian tersebut berfokus pada kebencanaan dan remediasi yang berkaitan dengan geoteknik dan struktur. Presentasi Prof. Chang memberikan wawasan mendalam tentang tantangan dan solusi inovatif dalam bidang ini, yang diharapkan dapat mengispirasi kolaborasi lebih lanjut.

Perwakilan dari Program Studi RSDA FSTP Unhan RI ialah ibu Anasya Arsita Laksmi, S.T., M.Sc.Eng, bapak Muhammad Hamzah Fansuri, S.T., M.S, bapak Sayed Ahmad Fauzan, S.T., M.Si, dan bapak Fadhil Muhammad Nuryanto, S.T., M.T. Mereka mempresentasikan roadmap penelitian yang berpotensi untuk berkolaborasi dengan PRTKS BRIN. Presentasi ini menyoroti peluang kerjasama antara BRIN dan YunTech, yang meliputi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penelitian dosen dan mahasiswa, pengabdian masyarakat, serta seminar dan workshop.

Ketua kelompok riset teknologi kekuatan struktur peningkatan kinerja struktur bangunan di PRTKS BRIN, Dr. Ir. Mulyo Harris Pradono, M.Sc., juga memberikan pandangannya mengenai berbagai peluang kolaborasi antara ketiga organisasi. Dr. Mulyo menekankan bahwa kolaborasi ini dapat menguntungkan dosen dan peneliti melalui publikasi jurnal ilmiah. Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa kerjasama bisa diwujudkan melalui pembimbingan mahasiswa dalam program MBKM dan magang, yang diharapkan dapat memberikan mahasiswa pengalaman praktikum, penelitian, dan publikasi.

Setelah sesi diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium di PRTKS. Kunjungan ini memberikan Gambaran nyata tentang fasilitas dan teknologi yang dimiliki PRTKS, sekaligus menjadi awal yang bagus untuk mempererat dan mengimplementasikan kerjasama antar organisasi. Pengalaman ini memberikan inspirasi bagi Prodi RSDA untuk mengembangkan laboratorium serupa di Unhan RI, dengan harapan dapat meningkatkan kapasitas penelitian dan pembelajaran di bidang rekayasa sumber daya air.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X