Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan RI Prodi Teknik Mesin Laksanakan OJT di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi

Kadet Mahasiswa peserta OJT di PT. NTP Bersama salah satu instruktur

Bandung, 30 Juli 2024 – Lima Kadet Mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia ( Unhan RI) telah memulai On The Job Training (OJT) atau kerja praktik di PT. Nusantara Turbin dan Propulsi (PT. NTP) Bandung. Kelima kadet tersebut adalah SMDK Aldo Akbar Putra, SMDK Ali Zulhazmi, SMDK Mario Delon Simanjuntak, SMDK Muhammad Ferry Fadri, dan SMDK Tryas Putranto Sembali.

Kadet Mahasiswa sedang preparasi engine untuk masuk ke test cell
 

PT. Nusantara Turbin dan Propulsi merupakan perusahaan terkemuka di Asia Tenggara dalam bidang maintanance, repair, dan overhaul sistem turbin gas serta rotating equipment. Profesionalisme dan kualitas sumber daya manusia perusahaan ini telah diakui dengan sertifikasi ISO 9001:2000 dari DNV, Netherland, serta berbagai sertifikasi dari Original Engine Manufacturer (OEM) dan otoritas dunia penerbangan seperti Federal Aviation Administration (FAA) dari Amerika Serikat dan European Union Aviation Safety Agency (EASA).

Kadet Mahasiswa sedang melaksanakan Non Destructive Test

Program OJT ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang komprehensif bagi Kadet Mahasiswa melalui pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Selama menjalani OJT, para kadet diharapkan akan memperoleh keterampilan teknis (hard skills) seperti kemampuan memecahkan masalah kompleks dan keterampilan analitis, serta keterampilan nonteknis (soft skills) seperti etika profesional, komunikasi, dan kerjasama tim.

Dalam pelaksanaannya, kelima kadet tersebut ditempatkan dalam dua divisi kerja, yakni divisi Engineering yang meliputi Industrial dan Aero Gas Turbine, dan Test Cell. Kegiatan OJT ini berlangsung dengan bimbingan dari para instrukture di setiap divisi kerja.

Dengan adanya program OJT ini, diharapkan para Kadet Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teoretis yang telah dipelajari di perkuliahan ke dalam praktik nyata di industri. Selain itu, Kadet Mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan keterampilan profesional yang akan berguna dalam karier mereka di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X