Tiga Kadet Mahasiswa Cohort-2 Prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Laksanakan On the Job Training di Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD

Jakarta (31/07) – Tiga Kadet Mahasiswa dari Cohort 2 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) telah memulai On the Job Training (OJT) atau magang selama dua bulan di Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD. Program ini merupakan bagian dari upaya untuk mengintegrasikan pengetahuan akademis yang diperoleh dalam perkuliahan dengan pengalaman praktis di lapangan. On the Job Training ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis para kadet, tetapi juga memperkenalkan mereka pada lingkungan kerja yang sesungguhnya di institusi militer. Ketiga kadet yang mengikuti program OJT ini adalah:

  1. SMDK M. Fazil Rais
  2. SMDK M. Ilham AlFatrah
  3. SMDK R. Haryo Tidar Kartiko Yudho

Disinfolahtad adalah badan pelaksana pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad. Disinfolahtad mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan personel serta fungsi informasi dan pengolahan data dalam rangka mendukung tugas TNI AD. Ketiga kadet ini diajak langsung terlibat dalam setiap pekerjaan dalam Disinfolahtad, yang meliputi berbagai fungsi utama sebagai berikut:

Fungsi Utama:

  • Pembinaan Fungsi : Menyelenggarakan kegiatan di bidang pembinaan organisasi, personel Teknologi Informasi (personel TI), kesiapan satuan, tradisi satuan, doktrin dan petunjuk, pendidikan, penataran, dan pelatihan.
  • Pembinaan Materiel Sistem Informasi : Menyelenggarakan kegiatan di bidang perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, pendistribusian, dan penghapusan materi sistem informasi yang meliputi perangkat keras, perangkat lunak, perangkat jaringan komunikasi data, dan perangkat pendukungnya yang akan dan/atau sudah dimiliki/digunakan oleh TNI AD.
  • Pembinaan Sistem Informasi Administrasi : Menyelenggarakan kegiatan di bidang pembangunan, pengembangan, pemeliharaan, dan penyiapan aplikasi sistem informasi administrasi TNI AD di bidang personel, logistik, perencanaan dan anggaran, serta pengawasan intern.
  • Pembinaan Sistem Informasi Operasional : Menyelenggarakan kegiatan di bidang pembangunan, pengembangan, pemeliharaan, dan penyiapan aplikasi sistem informasi dan operasional di bidang intelijen, teritorial, operasi, dan latihan.
  • Dukungan Pengolahan Data (Duklahta) : Menyelenggarakan kegiatan di bidang dukungan teknis perangkat keras, perangkat lunak, dan sistem jaringan komunikasi data LAN PDE, dukungan khusus di bidang multimedia dan presentasi serta pemantauan, evaluasi, pelaporan, penyajian data, dan informasi penyelenggaraan administrasi basis data serta pemeliharaan terhadap materi yang terkait dengan jaringan komunikasi data, multimedia, dan presentasi.
  • Teknologi Informasi : Menyelenggarakan kegiatan pengoordinasian di bidang teknologi informasi dengan menyiapkan pemanfaatan hasil penelitian, pengembangan dan/atau pengkajian teknologi informasi dalam kegiatan perekayasaan, inovasi teknologi informasi, perancangan arsitektur sistem informasi, audit teknologi informasi, atau pengamanan sistem informasi secara internal sebagai proses yang sistematis untuk memperoleh dan mengevaluasi laporan secara objektif terhadap aset teknologi informasi.

Selama OJT, ketiga kadet ini akan terlibat dalam berbagai proyek dan tugas yang relevan dengan bidang studi mereka. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan profesional di bidang teknologi informasi dan pengolahan data, serta mendapatkan wawasan tentang bagaimana teori yang mereka pelajari di kampus diterapkan dalam situasi nyata. Selain itu, mereka juga akan diberikan tugas-tugas yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis, seperti kerja tim, komunikasi, dan pemecahan masalah.
Program magang ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi para kadet dalam mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan, baik dalam karir militer maupun di sektor lainnya. Pengalaman ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Unhan RI dan TNI AD dalam upaya bersama untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X