Kadet Mahasiswa Cohort-2 Prodi Teknik Mesin FSTP Unhan RI Melaksanakan Magang di PT. Dahana

PT DAHANA atau ”DAHANA” adalah anggota Holding BUMN Industri Pertahanan (DEFEND ID) di bidang industri strategis yang menyediakan layanan bahan peledak terpadu untuk sektor Pertambangan Umum, Kuari dan Konstruksi, Minyak dan Gas, serta Pertahanan. Layanan DAHANA terintegrasi mulai dari produksi bahan peledak, jasa pengeboran dan peledakan hingga jasa terkait bahan peledak lainnya, seperti demolisi, pergudangan, konsultasi dan perizinan serta mobilisasi bahan peledak. PT DAHANA menjadi pilihan yang tepat untuk mahasiswa yang ingin belajar lebih dalam tentang proses produksi dan manajemen bahan peledak baik dalam bidang komersil maupun bidang pertahanan.

Sebagai bagian dari kurikulum Program Studi Teknik Mesin, Kadet Mahasiswa UNHAN RI diwajibkan untuk menjalani magang industri guna menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari di kelas dan mendapatkan pengalaman kerja nyata Sersan Mayor Dua Kadet Daniel Manuturi Simanjuntak, Sersan Mayor Dua Kadet Devara Ega Dynansyah, Sersan Mayor Dua Kadet Gabriel M.C. Marpaung, dan Sersan Mayor Dua Kadet Muhammad Daffa Agung Pratama, 4 dari 26 Kadet Mahasiswa Teknik Mesin Cohort 2 berbagi pengalamannya selama menjalani magang di PT DAHANA Subang, sebuah perusahaan manufaktur bahan peledak, pengeboran & peledakan, layanan terkait, dan terkait pertahanan untuk pelanggan di seluruh Indonesia dan di seluruh dunia.

Selama magang di PT DAHANA, 4 Kadet Mahasiswa Teknik Mesin Cohort 2 diberikan kesempatan untuk terlibat dalam berbagai proyek, antara lain:

1. Riset, Inovasi dan Teknologi (RIT)

Kadet Masiswa bekerja sama dengan tim desain untuk mengembangkan komponen baru. Mereka belajar menggunakan perangkat lunak CAD dan ikut serta dalam proses uji coba produk

2 Kontrol Kualitas

Kadet Mahasuswa empelajari berbagai teknik kontrol kualitas untuk memastikan setiap produk yang dihasilkan memenuhi standar perusahaan. Mereka juga terlibat dalam inspeksi rutin dan pengujian Mutu (uji ledak) untuk menganalisis bahan peledak yang lebih efektif.

3 Manajemen Pemeliharaan Mesin

Kadet Mahasiswa mendapatkan pengetahuan praktis tentang pemeliharaan dan perbaikan mesin produksi. Mereka membantu tim pemeliharaan dalam melakukan troubleshooting dan perawatan preventif.

4 Kadet Mahasiswa Teknik Mesin Cohort 2 merasa sangat beruntung dapat magang di PT DAHANA. Mereka mendapatkan banyak pengalaman berharga yang tidak hanya menambah pengetahuannya, tetapi juga meningkatkan keterampilan teknis dan kemampuannya dalam bekerja sama dalam tim. Mereka juga berharap pengalamannya ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk tidak ragu menjalani magang dan memandaatkan kesempatan belajar di industri.

Magang merupakan bagian integral dari pendidikan di Program Studi Teknik Mesin. Melalui pengalaman magang, Kadet Mahasiswa dapat menghubungkan teori dengan praktik, memperluas jaringan profesional, dan mempersiapkan diri untuk karier masa depan. Kampus bela negara terus mendukung dan menyediakan berbagai kesempatan magang bagi Kadet Mahasiswa agar siap bersaing di dunia kerja terkhusus dalam membangun Pertahanan NKRI.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X