SMDK M.David Chaidir Kadet Cohort 2 Prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Laksanakan On the Job Training di Dinas Penerangan TNI AD

Jakarta, 05 Agustus 2024 – SMDK M.David Chaidir Kadet dari Cohort 2 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) telah memulai On the Job Training (OJT) atau magang selama dua bulan di Dinas Penerangan TNI AD. Pada awalnya David Chaidir melaksanakan OJT di Disinfolata TNI AD, namun melihat bakat dan talenta yang dimilikinya kemudian ditawarkan dan ditugaskan untuk melaksanakan OJT di Dispenad.
Kegiatan OJT ini merupakan bagian dari upaya untuk mengintegrasikan pengetahuan akademis dengan pengalaman praktis di lapangan. OJT ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis para kadet, tetapi juga memperkenalkan mereka pada lingkungan kerja yang sesungguhnya di institusi militer.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (DISPENAD) dalam menjalankan tugas sebagai salah satu institusi di jajaran TNI AD adalah menyampaikan informasi secara benar dan profesional tentang hal ihwal TNI AD sebagai kekuatan pertahanan negara Matra Darat kepada masyarakat, serta memberikan tanggapan yang simpatik manakala ada suatu informasi yang dianggap dapat merugikan ciitra positif TNI AD. Selain itu sebagai institusi sekaligus “Agen Informasi”, bertugas mengolah informasi, menyampaikan infromasi, mengelola informasi, baik untuk pihak internal maupun eksternal dan semua itu ditujukan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Dalam menjalankan tugas pokoknya Dispenad menyelenggarakan dua fungsi yaitu fungsi utama dan fungsi organik, sebagai berikut:

Fungsi Utama, meliputi:

  1. Penerangan Satuan, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan dalam menyebarluaskan berbagai kebijakan pimpinan dan informasi kepada seluruh prajurit, PNS, dan keluarga besar TNI AD melalui lembar penerangan pasukan, majalah, dan produk penerangan.
  2. Penerangan Umum, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan dalam menyediakan, melayani, dan mempublikasikan berita yang berkaitan dengan kegiatan pimpinan satuan TNI AD kepada masyarakat melalui media cetak, elektronik, dan online serta pengelolaan website TNI AD.
  3. Penerangan Khusus, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan yang memerlukan publikasi khusus yang berkaitan dengan kegiatan pimpinan dan satuan TNI AD.
  4. Peliputan, Produksi dan Dokumentasi, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan dalam melaksanakan peliputan, produksi, dan dokumentasi serta pembinaan alat khusus penerangan.
  5. Analisis Informasi, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan dalam pengolahan dan analisis informasi yang akurat sebagai saran masukan kepada pimpinan TNI AD guna menentukan kebijakan.
  6. Penulisan Strategis, yaitu menyelenggarakan fungsi penerangan dalam pengkajian dan pembuatan tulisan strategi berupa amanat pimpinan TNI AD serta artikel/buku ilmiah dan akademis untuk kepentinggan pimpinan TNI AD.

Fungsi Organik MIliter Yaitu menyelenggarakan kegiatan di bidang intelijen, operasi, Latihan, personel, logistic, territorial, perencanaan, dan pengawasan intern dalam rangka mendukung tugas pokok Dispenad.

Selama OJT, Kadet terlibat dalam berbagai proyek dan tugas yang relevan ataupun inrelevan dengan bidang studi mereka. Mereka akan mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dengan profesional di bidang teknologi informasi seperti Pengolahan pembuatan berita menggunakan AI ataupun membuat video berita dan presenter menggunakan AI. Kadet juga diberikan kesempatan dalam menjalankan tugas sebagai anggota DISPENAD, contohnya seperti Liputan Lapangan, Voice Over (VO), Podcast, dan sebagainya. Selain itu, Kadet diberi tantangan untuk membuat sebuah website yang dimana berfungsi untuk membantu penugasan Organik Dispenad dan membuat sebuah Detection Fake News untuk menganalisis berita di DISPENAD, dan sekarang tahap ini masih dikerjakan oleh kadet.

Program magang ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengalaman yang signifikan bagi para kadet, sehingga mereka siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan, baik dalam karir militer maupun di sektor lainnya. Selain itu, pengalaman ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara Unhan RI dan TNI AD dalam usaha bersama untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompetitif.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X