Dosen Unhan RI Presentasikan Penelitian Mitigasi Likuifaksi pada Konferensi Asia Future Conference ke-7 di Thailand

Bangkok (11/08) – Muhammad Hamzah Fansuri, S.T., M.S., dosen Teknik Sipil dari Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP), Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI), mempresentasikan hasil penelitiannya pada konferensi bergengsi, the 7th Asia Future Conference (AFC#7) di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand. Acara ini diselenggarakan oleh Sekiguchi Global Research Association dan Atsumi International Foundation.

Konferensi AFC#7 yang bertemakan “Revitalization and Reconnection” berlangsung mulai tanggal 9 hingga 13 Agustus 2024. Konferensi ini terbuka untuk umum dan dihadiri oleh berbagai kalangan profesional. Diskusi-diskusi dalam acara ini memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai arah pembangunan masa depan di Asia. Penelitian yang dipresentasikan oleh Bapak Hamzah berjudul “A Comparative Study of Seismic Performance Evaluation of Stone Column, Micro-Pile, and Geosynthetic-Encased Stone Column for Liquefaction Flowslide Mitigation.”

Penelitian ini menawarkan analisis mendalam tentang mitigasi likuifaksi menggunakan metode Stone Column, Micro-Pile, dan Geosynthetic-Encased Stone Column sebagai solusi yang efektif terhadap dampak gempa bumi. Studi ini memberikan saran terkait penggunaan metode mitigasi yang tepat sesuai dengan kondisi tanah, serta menawarkan desain parameter yang disesuaikan untuk masing-masing metode.

Penelitian ini tidak hanya berdampak pada kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknik sipil, khususnya geoteknik, tetapi juga memberikan wawasan bagi para peneliti mengenai pemilihan metode mitigasi yang sesuai untuk berbagai kondisi geoteknik. Selain Bapak Hamzah, penelitian serupa dengan studi kasus yang berbeda juga dipresentasikan oleh Fajrina Citra Asokawati, mahasiswa Teknik Sipil Unhan RI, yang turut memperkaya diskusi ilmiah dalam konferensi ini. Konferensi yang diikuti oleh sekitar 350 peserta dari berbagai negara ini hanya memilih 50 penelitian yang layak mendapatkan beasiswa. Bapak Hamzah menjadi salah satu penerima AFC Scholarship dan AFC Special Subsidy.

Dalam ajang ini, AFC juga mengumumkan bahwa 8th Asia Future Conference (AFC#8) akan diselenggarakan di Tohoku Gakuin University, Sendai, Jepang, pada tanggal 25-29 Agustus 2026, dengan tema “Space and Distance.” Melalui partisipasi aktif dalam forum internasional ini, Universitas Pertahanan RI kembali menegaskan komitmennya dalam berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dalam memberikan solusi bagi tantangan global, khususnya di bidang teknik sipil dan pertahanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X