Webinar Kuliah Pakar Unhan RI bertajuk “Improving Health with Disinfection Practices and Hydrogen Water”

Bogor – Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (FSTP) berkolaborasi dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) sukses menyelenggarakan Kuliah Pakar melalui webinar bertajuk “Improving Health with Disinfection Practices and Hydrogen Water” yang berlangsung pada hari Rabu, 21 Agustus 2024. Kuliah Pakar ini diinisiasi oleh Prof. Dr. Ir Muhamad Asvial, M.Eng selaku Dekan FSTP Unhan RI. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi platform penting untuk membahas dan memperkenalkan inovasi dalam praktik kesehatan modern dalam meningkatkan kesehatan melalui metode disinfeksi dan penggunaan air hidrogen. Ketua penyelenggara webinar kuliah pakar ini adalah Anasya Arsita Laksmi, S.T., M.Sc.Eng selaku Sekretaris Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air FSTP yang berkolaborasi kepanitiaan bersama dosen-dosen dari FSTP dan FMIPA Unhan RI, antara lain: Muhammad Fadhil Nuryanto, S.T., M.T, Via Azizul Saputri Khalifah, S.T., M.T, Ir. Ekodjati Tunggulgeni, M.T., IPU, ASEAN Eng., APEC Eng, Sayed Ahmad Fauzan, S.T., M.Si, Muhammad Hamzah Fansuri, S.T., M.S., Nabila Swarna Puspa Hermana, S.Si., M.Si, Dr. Isna Arofatun Nikmah, S.Si., M.Si dan Elva Stiawan, S.Pd., M.Si..  

Turut hadir Prof. Kyu-Jae Lee, M.D., Ph.D., yang merupakan Professor di Department of Convergence Medicine, Wonju College of Medicine, Yonsei University South Korea, diundang sebagai narasumber utama. Pengalaman yang luas di bidang kedokteran konvergensi dan penelitian terkait, Prof. Lee menyampaikan wawasan keilmuan tentang bagaimana praktik disinfeksi yang tepat dan pemanfaatan air hidrogen dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Acara ini dibuka oleh Nabila Swarna Puspa Hermana, S.Si., M.Si., Dosen Prodi Biologi FMIPA Unhan RI, yang memulai webinar dengan memberikan kata sambutan dan penjelasan tentang pentingnya tema yang dibahas. Pada sambutannya, Nabila menekankan relevansi topik ini dalam konteks global dan lokal, serta peran penting teknologi dan inovasi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Selain itu, keynote speaker pada acara ini adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FSTP Unhan RI yakni Brigadir Jendral TNI Heri Abriyadi, S.E., M.Han, yang memberikan perspektif mengenai integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam praktik kesehatan. Ia menjelaskan bagaimana penelitian dan aplikasi praktis dari disinfeksi dan air hidrogen dapat diterapkan di berbagai sektor, termasuk lingkungan kesehatan dan keseharian.

Webinar ini dirancang untuk menyebarluaskan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran tentang manfaat dan teknik terbaru dalam disinfeksi dan penggunaan air hidrogen. Peserta mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli, berdiskusi tentang tantangan dan solusi dalam penerapan teknologi ini, serta mengeksplorasi potensi penelitian lebih lanjut di bidang ini.

Acara ini diharapkan tidak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga mendorong kolaborasi lebih lanjut antara akademisi dan praktisi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat. Terselenggaranya kegiatan seperti ini, menunjukkan bahwa komitmen Unhan RI terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X