Dosen Teknik Elektro FSTP Unhan RI tinjau Kadet Mahasiswa yang melaksanakan Magang di PT. PAL Indonesia (Persero)

Surabaya (30/08) – Dosen Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI bapak Kolonel Laut (E) Purn. Ir. Hery Sudaryanto, S.T., M.Han., M.Tr.Opsla, IPM, mengunjungi dan melihat bagaimana Kadet Mahasiswa Cohort-2 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI yang sedang melaksanakan magang di PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya Jawa Timur, pada hari ke 47 tanggal 30 Agustus 2024 dari 60 hari yang dijadwalkan yaitu dari tanggal 15 Juli hingga 13 September 2024. Pada saat kunjungan diterima oleh tiap pejabat (Kadep dan Kabeng) di bengkel yang menjadi tempat magang para kadet, bersamaan dengan itu menyampaikan ucapkan rasa terima kasih atas ketersediaan para pejabat dan staf di tiap bengkel PT PAL yang sudah berbagi ilmu dan ketempatan bagi para kadet mahasiswa Cohort 2 prodi teknik elektro FSTP Unhun RI magang di bengkel tersebut. Tempat Magang Para kadet mahasiswa Cohort 2 prodi Teknik Elektro di PT. PAL Indonesia (Persero) ini dibagi ke dalam tiga divisi yang berbeda, yaitu Divisi Rekayasa Umum, Divisi Technology & Quality Assurance, dan Divisi Kapal Perang, diantaranya:

  1. Divisi Rekayasa Umum, Departemen Permesinan dan Perakitan, Bengkel Listrik & Instrumentasi. Lokasi Praktik di Barge Mounted Power Plant (BMPP) berupa kapal yang berfungsi atau kegunaannya sebagai penyedia sumber listrik untuk wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Divisi ini bertanggung jawab atas perancangan, pengembangan, dan implementasi berbagai sistem rekayasa yang digunakan dalam industri maritim. Para kadet mahasiswa disini terlibat dalam proyek-proyek yang melibatkan perancangan struktur kapal, analisis kekuatan material, serta pengembangan teknologi baru yang dapat meningkatkan efisiensi dan kinerja kapal. Selama waktu 2 bulan melaksanakan OJT/Magang, para kadet mahasiswa  mengerjakan projek mengenai Barge Mounted Power Plant Nusantara 2, Mengenai sistem Power Automation System (High Voltage (HV), medium Voltage (MV), dan low Voltage (LV)) lalu belajar mengenai sistem Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) pada Control Command Room BMPP Nusantara2. Kadet mahasiswa yang melaksanakan magang disini antara lain: SMSK Agam Nuriansyah dan SMSK Audrialy Naufal Adama. Pejabat di Divisi Rekayasa Umum, Departemen Permesinan dan Perakitan, Bengkel Listrik & Instrumentasi bengkel PT PAL Indonesia (Persero) yang bertanggung jawab disini adalah Kepala Departemen (Kadep): Bapak Sulistiyo S.T. dan Kepala Bengkel (Kabeng): Bapak Wiryo Budi Utomo S.T.
  2. Divisi Technology & Quality Assurance. Departemen SEWACO. Lokasi Praktik di Bengkel Elektronika SEWACO. Di divisi ini, para kadet mahasiswa belajar tentang pentingnya kontrol kualitas dan teknologi dalam proses produksi kapal. Para kadet mahasiswa akan mempelajari standar-standar kualitas yang harus dipenuhi, teknik-teknik pengujian dan inspeksi, serta bagaimana memastikan setiap produk yang dihasilkan memenuhi spesifikasi teknis dan keselamatan yang ketat. Selain itu, para kadet mahasiswa juga mendalami teknologi terbaru yang digunakan dalam industri pembuatan kapal. Selama 2 bulan melaksanakan Magang ini, kadet Mahasiswa mengerjakan instalasi Impressed Current  Anti Fouling (ICAF) pada LPD, mempelajari sistem radar, Gyro, Automatic Informatiom System (AIS), dan SpeedLog. Kadet mahasiswa yang melaksanakan magang disini antara lain: SMSK Chadafa Zulti Noorta, SMSK Muhammad Rahmatulloh, SMSK Muhammad Angga Yoga Pratama dan SMSK Onky Prilianda Putra. Pejabat Departemen SEWACO, Bengkel Elektronika yang bertanggung jawab disini adalah antara lain, Kepala Departemen (Kadep):  Bapak Surip dan Kepala Bengkel (Kabeng): Muhammad Jam’ali, S.T.
  3. Divisi Kapal Perang. Lokasi Praktik di Bengkel Kelistrikan dan Dock Irian. Divisi ini fokus pada perancangan, pembangunan, dan pemeliharaan kapal perang. Para kadet mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk terlibat langsung dalam berbagai proyek terkait kapal perang, termasuk perbaikan dan pemeliharaan, serta penggantian komponen-komponen penting. Pengalaman ini akan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana sistem kapal perang bekerja dan bagaimana mengatasi tantangan teknis yang mungkin muncul dalam operasinya Selama 2 bulan melaksanakan magang, para kadet Mahasiswa mengerjakan kerja praktek mengenai sistem generator listrik dan kinerja rangkaian star-delta, DOL, dan forward-reverse pada Kapal Cepat Rudal KRI Panah  626. Kadet mahasiswa yang melaksanakan magang disini antara lain SMSK Agam Nuriansyah dan SMSK Audiriay Naufal Adama. Pejabat Departemen di Divisi Kpal Perang yang bertanggung jawab disini, antara lain, Kepala Departemen (Kadep):  Dedit Hermawan, S. Kom dan Kepala Bengkel (Kabeng): Dwi Ernowo A.Md

Tujuan dari On Job Training/Magang ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pengalaman para kadet mahasiswa melalui praktek langsung di lapangan. Selama OJT, para kadet mahasiswa dibimbing oleh Kepala Divisi, Kepala Departemen, dan Kepala Bengkel, serta teknisi-teknisi yang ahli di bidangnya masing-masing. Para kadet mahasiswa akan dilibatkan dalam berbagai proyek yang sedang berjalan di PT. PAL INDONESIA (Persero), termasuk proyek-proyek yang berkaitan dengan KRI (Kapal Republik Indonesia), baik dalam hal perbaikan, pemeliharaan, pergantian komponen, dan lain-lain.

Dengan mengikuti OJT/Magang ini, para kadet mahasiswa Cohort 2 prodi Teknik Elektro diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu teknik elektro yang telah kadet mahasiswa Cohort 2 prodi Teknik Elektro pelajari di kampus dalam konteks nyata, serta mendapatkan wawasan dan pengalaman yang berharga untuk karir para kadet mahasiswa di masa depan.

Untuk Praktek magang akan selesai pada tanggal 30 Agustus 2024, selanjutnya para kadet mahasiswa membuat laporan dan mengurus pengesahan Tugas Akhir sampai dengan tanggal 13 September 2024 serta akan mendapatkan Sertifikat dari PT. PAL Indonesia (Persero).

Mengunjungi juga mess P. Wetar yang berada di komplek kesatrian Komando Latihan (Kolat) Koarmada II Ujung Surabaya, tempat kadet menginap yang terlihat bersih dan nyaman untuk para kadet mahasiswa bermalam selama 60 hari magang yang mendukung berjalannya proses belajar yang lebih baik. Menyampaikan rasa terima kasih juga kepada Komandan Kolat Koarmada II Surabaya, Kolonel Laut (P) Rizki Prayudi, atas berkenannya untuk memberikan penginapan di mess P. Wetar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X