KUNJUNGAN MONITORING DAN EVALUASI  KEGIATAN OJT KADET TEKNIK SIPIL COHORT 2 UNHAN RI DI LOKASI PROYEK PT. PP (PERSERO) TBK

On Job Training (OJT) atau Kerja Praktik/Magang merupakan bagian dari proses pendidikan dan pelatihan bagi Kadet Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Pertahanan (Unhan) Republik Indonesia (RI) untuk mendukung kesiapan dalam menghadapi tantangan global didunia kerja pada bidang konstruksi. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada kadet mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang didapat selama perkuliahan kedalam lingkungan kerja nyata, khususnya di bidang konstruksi bangunan. Kegiatan OJT ini telah didukung penuh oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI dan Bapak Kolonel Sus. Ir. Resi Bismantara, M.T IPU selaku Kepala Program Studi Teknik Sipil Unhan RI.

Proyek Gedung BNI yang berlokasi di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Jakarta Utara dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana dari Perusahaan BUMN PT. Pembangunan Perumahan atau dikenal dengan sebutan PT. PP (Persero) Tbk merupakan salah satu lokasi proyek yang strategis untuk pelaksanaan OJT mengingat kompleksitas proyek dan relevansinya dengan keilmuan teknik sipil. Pelaksanaan OJT di proyek ini diikuti oleh 3 (tiga) Kadet Mahasiswa Cohort 2 Program Studi Teknik Sipil Unhan RI yakni, Wylan Abdurrachman Waafi, Reynhard Daniel Hutasuhut, dan Mu’adz Abdur Rahman Harits yang dimulai sejak 22 Juli hingga 22 September 2024. 3 (Tiga) Kadet Mahasiswa tersebut memperoleh persetujuan OJT pada tanggal 25 Juni 2024 dari pihak Divisi Human Capital PT. PP (Persero) Tbk. Bapak Ardi selaku bagian dari Divisi Human Capital PT. PP (Persero) Tbk menyampaikan bahwa kedepannya sangat terbuka peluang kerja sama lanjutan seperti Perjanjian Kerja Sama (PKS)/MoU dalam bidang tridharma perguruan tinggi untuk mencetak kader lulusan Teknik Sipil yang Kompeten.

Kunjungan monitoring dan evaluasi (monev) OJT dilokasi Proyek Gedung BNI Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2  dilakukan oleh Bapak Sayed Ahmad Fauzan, S.T., M.Si selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Kerja Praktik di Program Studi Teknik Sipil Unhan RI, yang berlangsung pada hari Selasa, tanggal 10 September 2024 Pukul 10.00 WIB. Tujuan monev ini adalah mengevaluasi ketercapaian target kompetensi yang didiperlukan bagi kadet mahasiswa. Pada Kunjungan monev ini, Dosen dan Kadet didampingi oleh Bapak Fauzan, S.T selaku perwakilan Divisi Engineering dari PT. PP (Persero) Tbk, untuk melihat langsung kegiatan konstruksi di area kerja pembangunan 3 (tiga) Tower Gedung BNI, yakni Gedung Tower 1 difungsikan untuk layanan nasabah, Gedung Tower 2 difungsikan untuk Office dan Gedung Tower 3 difungsikan untuk parking centre. Saat ini progres struktur bangunan proyek tersebut telah mencapai 4 lantai dari total 20 lantai dan 16 lantai.

Monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan OJT ini dilakukan untuk memastikan bahwa kadet mahasiswa dapat memperoleh pengalaman yang sesuai dengan standar pendidikan dan kompetensi yang ditetapkan kurikulum. Pada proyek ini, kadet mahasiswa telah mempelajari dan melihat secara langsung metode pelaksanaan pembangunan konstruksi gedung, mulai dari struktur bawah hingga struktur atas. Bagian struktur bawah meliputi pemancangan tiang/pile dan pemasangan pondasi raft, pada bagian struktur atas yakni pemasangan bekisting dan pengecoran pada elemen struktur balok, kolom, pelat, tangga, serta pelaksanaan pemasangan tulangan pada dinding pemikul tahan gempa pada bangunan berupa shear wall. Motto yang diterapkan PT. PP (Persero) Tbk dalam proyek ini adalah target 4 (empat) hari untuk membangun 1 (satu) lantai disetiap masing-masing tower. Teknologi yang diterapkan untuk mendukung terlaksananya motto tersebut antara lain, penambahan zat admixture khuhus yang mempercepat pengerasan beton sesuai SNI dalam waktu 4 (empat) hari,  penggunaan Building Information Building untuk menghitung volume pekerjaan serta memastikan pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan gambar rencana serta mendeteksi clash disetiap elemen pekerjaan yang mungkin timbul pada aspek Mekanikal dan Arsitektural, dan penerapan zero accident untuk mengantisipasi terjadinya resiko kecelakaan kerja konstruksi yang akan menghambat pekerjaan.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini merupakan bagian penting dalam memastikan bahwa pelaksanaan OJT dapat memberikan manfaat maksimal bagi kadet mahasiswa. Hasil dari kunjungan ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk perbaikan lebih lanjut dalam pelaksanaan OJT berikutnya serta meningkatkan kualitas lulusan Program Studi Teknik Sipil Unhan RI yang dapat bersaing dikancah global.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X