Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan: Strengthening Science and Technology in Supporting National Defense Towards Indonesia Golden Year by 2045

Untitled design (2)

Bogor – Dekan FSTP, Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng., diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Marsma TNI Dr. Ir. Rujito D. Asmoro, G.Dipl in DS., M.A., RCDS., CPHCM., CIPA., IPM., CIT., ASEAN Eng., membuka Seminar Hasil Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI tahun 2024 dengan tema “Strengthening Science and Technology in Supporting National Defence Towards Indonesia Golden Year by 2045”. Seminar dilaksanakan secara daring dan luring di Ruang Teater, Gedung Auditorium UNHAN RI, Kampus UNHAN RI, Sentul, Bogor, pada Selasa (10/9).
 
Dekan FSTP diwakili Oleh Wadek Bidang Keuangan dan Umum FSTP Unhan RI menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa, dosen, praktisi, dan pengambil kebijakan yang turut mendukung pengembangan teknologi untuk pertahanan negara. Beliau juga menekankan pentingnya penguatan industri pertahanan Indonesia, khususnya dalam bidang teknologi drone dan panel surya, yang menjadi fokus KKLN tahun ini. Menurutnya, kedua teknologi tersebut sangat strategis dalam mendukung pertahanan dan keamanan nasional, meskipun masih terdapat tantangan besar yang perlu diatasi.
 

Melalui seminar ini, ia berharap para peserta dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta membangun kerja sama yang kuat antara UNHAN RI dan para pemangku kepentingan. Diskusi dan kolaborasi ini diharapkan dapat menghasilkan strategi yang efektif untuk memperkuat teknologi pertahanan nasional. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, FSTP UNHAN RI terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan sains dan teknologi pertahanan menuju Indonesia Emas 2045.

Acara ini menghadirkan penanggap dari berbagai sektor, seperti Andreansyah Saleh, S.T., Direktur Komersial PT Nanggala Kencana Rekatama Indonesia, yang memberikan tanggapan atas presentasi dari mahasiswa Program Studi Industri Pertahanan. Selain itu, hadir pula Ali Ammarullah, S.T., M.T., M.PWK dari Badan Informasi Geospasial, Dr. Akhmad Farid Widodo, S.T., M.T. dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Tulus, S.Si., M.Si., Ph.D dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Prof. Ir. J.W. Saputro, M.Sc., MBA., Ph.D., dari University of Wisconsin–Madison, Amerika Serikat.

Seminar ini diharapkan membawa dampak nyata dalam membangun kedaulatan dan ketahanan digital bangsa maju Indonesia Emas 2045, serta menjadi kesempatan bagi mahasiswa program magister FSTP untuk mempresentasikan hasil KKLN mereka di berbagai program studi, termasuk Program Studi Teknologi Penginderaan, Teknologi Persenjataan, Teknologi Daya Gerak, dan Rekayasa Pertahanan Siber.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X