Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Selenggarakan Seminar Nasional: Inovasi Teknologi Drone untuk Mendukung Modernisasi Pertahanan Negara

Bogor (24/10) – Rektor Universitas Pertahanan Republik Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn) Jonni Mahroza, S.I.P., M.A., M.Sc., Ph.D, diwakili oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI Brigadir Jenderal TNI Heri Abriyadi, S.E., M.Han membuka kegiatan Seminar Nasional yang bertemakan “Inovasi Teknologi Drone untuk Mendukung Modernisasi Pertahanan Negara”. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI dilaksanakan secara hybrid dan bertempat di Ruang Teater Gedung Auditorium Kampus Unhan RI Sentul, Bogor.

Seminar diawali dengan Penyerahan hibah sepeda motor listrik dari PT Tam Global dan simbolis hibah Drone dari PT NKRI kepada Unhan serta Penandatanganan PKS antara FSTP Unhan RI dengan Drone Edutech Indonesia.

Wadek I Bid. AK FSTP Unhan RI menyampaikan bahwa, pengembangan teknologi drone dalam mendukung upaya modernisasi pertahanan Indonesia sangatlah penting. Teknologi drone telah menjadi elemen kunci dalam operasi militer modern di seluruh dunia. Penggunaan drone memungkinkan peningkatan efektivitas dan efisiensi, serta mengurangi risiko bagi personel di lapangan. Sebagai negara kepulauan yang memiliki tantangan geografis yang kompleks, Indonesia memerlukan solusi strategis untuk menjaga kedaulatan wilayah, terutama di daerah terpencil dan perbatasan. Teknologi drone dapat menjadi solusi potensial untuk menghadapi tantangan tersebut.

Seminar ini menghadirkan empat narasumber di antaranya :

  1. Prof. Dr.Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng selaku Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia, membahas “Sistem Kendali Berbasis AI pada Drone Militer”.
  2. Ferdy Anggriya selaku Direktur PT. Drone Edutech, yang mengupas “Pengembangan Teknologi Drone untuk Pertahanan Negara”.
  3. Dr. Nur Wahyu Widodo, S.E., MA yang mewakili Dirjen Strahan Kementerian Pertahanan RI, menyampaikan materi tentang “Kebijakan Pengembangan dan Penggunaan Teknologi Drone untuk Modernisasi Pertahanan Negara”.
  4. Ir. Alexander Ludi, MBA selaku Chief of Collaboration of Idealab, yang membahas “Uncrewed Systems, Flying Towards A New Defence Concept“.
  5. Seminar ini dimoderatori oleh Ir. R. Apip Miptahudin, AMd., S.T., M.T., CIQaR, CIQnR., IPM., ASEAN Eng., ACPE, selaku Dosen Program Studi Teknik Elektro FSTP Unhan RI.

Tujuan utama dari seminar ini adalah untuk membahas peran strategis teknologi drone dalam modernisasi pertahanan negara dan mengeksplorasi inovasi terbaru dalam bidang tersebut. Dengan menghadirkan para ahli dan praktisi dari berbagai disiplin ilmu, seminar ini diharapkan dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam implementasi teknologi drone di Indonesia.

Melalui diskusi yang konstruktif, seminar ini bertujuan untuk menghasilkan rekomendasi strategis yang dapat mendukung kebijakan modernisasi pertahanan negara dan memperkuat kemandirian industri pertahanan dalam pengembangan teknologi drone. Inisiatif ini menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam menghadapi tantangan pertahanan modern dan memastikan kesiapan Indonesia dalam menghadapi berbagai ancaman di masa depan. Semangat inovasi dan kolaborasi pada Seminar Nasional FSTP Unhan RI tahun ini diharapkan dapat menjadi titik awal bagi pengembangan teknologi pertahanan yang lebih maju dan efektif di Indonesia.

Setelah materi selesai disampaikan acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh Wadek I FSTP Unhan RI kepada narasumber dan moderator.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X