KKDN Mahasiswa FTP Unhan Laksanakan Penelitian ke Dinas Perindustrian dan Perdangangan, Pemkot, Kodim 0316, Lanal dan PT Bandar Abadi di Batam

Batam (28/02) – Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan (FTP) Unhan melaksanakan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dengan melaksanakan  Penelitian hari ke-5 ke Dinas Perindustrian dan Perdangangan, Pemkot, Kodim 0316, Lanal dan PT Bandar Abadi di Batam, dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan Romie Oktovianus Bura, B.Eng (Hons.), MRAeS, Ph.D, bertempat di Batam.

Kegiatan penelitian Mahasiswa FTP Unhan berjumlah 48 mahasiswa dihari kelima ini juga didampingi oleh Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan Brigjen TNI Susilo Adi Purwantoro, S. E., M. M. Eng., M.Sc., Ses LPPM Unhan Brigjen TNI Dr.  Joni Widjayanto, Ses. Sos, M.M, Ses LPPPM Unhan Ir. Tristan Soemardjono, M.M, dan para Ses prodi FTP Unhan antara lain Ses Prodi Industri Pertahanan Unhan Kolonel Sus Dr. Drs. Khaerudin, M.M. , Ses Prodi Penginderaan Kolonel Sus Dr. Ir. Rudy A.G. Gultom., M.Sc, Ses Prodi Teknologi Persenjataan Kolonel Arh Dr. R. Djoko Andreas Navalino, S.I.P., M.AB, Ses Prodi Teknologi Daya Gerak Kolonel Kes Dr. Ir. Sovian Aritonang, S.Si., M.Si, serta Ka UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Unhan Kolonel Lek Ir. Andi Sutomo, S.T., S.H., M.Si (Han)., M.Si, Kabag Humas Unhan Sri Murtiana S.Sos, M,M., serta para dosen FTP Unhan.

Prodi Industri Pertahanan (IP) FTP melaksanakan penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdangangan Batam di pimpin oleh Wadek FTP Unhan didampingi oleh Sesprodi Industri Pertahan, Ka UPT Tek Infokom Unhan, Dosen Industri Pertahanan Dr.Jupriyanto, M.T dan Satuan Pengawas Unhan serta Kasubbag TU FTP FTP Unhan dan staff. Dalam pelaksanaan penelitian ini prodi Industri Pertahanan (IP) melaksanakan penelitian di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Energi dan Sumberdaya Mineral Kota Batam.

Kunjungan ini yakni dalam rangka meneliti mengenai peran Disperindag dengan perkembangan ekonomi di Kota Batam, termasuk diantaranya dalam bidang Pertahanan. Kemudian juga untuk mengetahui tingkat kemajuan Kota Batam dalam sudut pandang Perindustrian dan mengetahui kesiapan disperindad kota batam untuk menjadi Hub Logistik ASEAN. Kepala Dinas Disperindag ini adalah Dr.H.Gustian Riau, Se.Msi. Pembukaan dan Pemaparan Profil Dinas Perindustrian dan Perdagangan Energi dan Sumberdaya Mineral Kota Batam. Pada pertemuan ini di wakili dan di terima oleh Sekretaris Disperindag Ade Sofyan.

Prodi Teknologi Penginderaan (TP) melaksanakan penelitian ke Pemerintah Kota Batam dipimpin Ses LPPPM Unhan didampingi Ses Prodi Teknologi Penginderaan dan dosen pendamping Dr. Andrian Andaya Lestari, SMIEEE dan Dr. Ir. Achmad Farid W, M., kunjungan diterima oleh Kepala Dinas Kominfo Oleh Bapak Tri Satria Manggala.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa berdiskusi dengan pihak Dinas Kominfo Kota Batam Terkait ” pengembangan Pertahanan Cyber berdasarkan Sixware Cyber Defense Frameworm”. Sementara Prodi Teknologi Persenjataan (TS) melaksanakan penelitian ke Kodim 0316 dan Lanal Batam dipimpin oleh Ses  LPPM Unhan dan Wadek FTP Unhan serta didampingi Ses Prodi dan dosen pendamping Y.H. Yogaswara, S.Si., M.T., Ph.D  dan Dr. Eng Bambang Joko Suroto. Kunjungan ke Kodim 0316 diterima oleh Kasdim Kodim 0316/Batam, Mayor Arh. Alexander Ahmad, S. A. P. mewakili Komandan Kodim yang sedang berhalangan hadir. Kasdimpun didampingi oleh beberapa Perwira Staff yang bertugas.

Kunjungan ini dimulai dengan pembukaan Kasdim Kodim 0316/Batam, Mayor Arh. Alexander Ahmad, S. A. P. yang menyambut rombongan Unhan dan menerangkan daerah tugas dari Kodim 0316/Batam. Kodim 0316/Batam berada dibawah komando Korem 033/Wira Pratama. Kodim 0316/Batam membawahi 5 Koramil (Tipe B) yang daerah tugasnya meliputi 12 kecamatan dan 64 kelurahan. Kemudian para mahasiswa melakukan giat penelitian dengan wawancara bersama kepala seksi yang ada di kodim 0316. Kodim 0316/Batam memiliki 5 seksi yaitu Pasi Intel, Pasi Operasi, Pasi Logistik, Pasi Personel, dan Pasi Teritori.

Prodi Teknologi Daya Gerak (TDG) melaksanakan penelitian di PT Bandar Abadi dipimpin  Ses Prodi TDG didampingi Kabag Humas Unhan dan  dosen pendamping Dr. Maykel T.E, Manawan, S.Si., Si, diterima langsung oleh Direktur PT Bandar Abadi Ibu Mashlina Simanjuntak didampingi Yard Manager Bapak Santo, Marketing Executive Bapak Andi Baso Manager QC Bapak Laode, Project Enginer Bapak Darwin, Project Leader Bapak Liston Manurung serta Enggineering Ibu Nur Laela.

Dalam kesempatan kunjungan sekaligus pengumpulan data dalam rangka penelitian KKDN ini, Ses Prodi Teknologi Daya Gerak menyanpaikan maksud kunjungan ke PT Bandar Abadi antara lain memperkenalkan Unhan sebagai perguruan tinggi Pasca Sarjana yang memberikan beasiswa penuh bagi seluruh masyarakat Indonesia baik TNI, Polri, PNS maupun masyarakat umum. Selanjutnya disampaikan bahwa Prodi TGD melaksnakan penelitian ini untuk melihat bagaimana perusahaan Bandar Abadi melakukan pengembangan Kapal utamanya sebagai komponen pendukung untuk memperkuat pertahabab negara. penelitian ini untuk menganalisis sistem teknologi pengembamgan kapal dan menanalisis sistem teknologi daya gerak matra laut.

Marketing executive Andi Baso dalam paparannya menerangkan profil PT Bandar Abadi sebagai PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) sehingga seluruh modal dan pekerjanya dari dalam negeri,  dijelaskan juga tentang fasilitas dan peralatan untuk mendukung pembangunan dan perbaikan kapal. PT Bandar Abadi meningkatkan kemampuan SDM dalam mengelola sistem manajemen proyek pembangunan dan perbaikan kapal. Saat ini perusahaan telah memelihara sistem Manajemen Mutu ISO 9001, sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001dan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001serta telah ikut dalam pemenuhan ISPS Code yakni peraturan tentang keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan.

Hasil dari pebelitian ke empat prodi di FTP disamping akan diseminarkan dalam seminar nasional hasil KKDN juga akan dituangkan dalam jurnal yang akan dipublish pada jurnal internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X