Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Militer Gelar Acara Focus Group Discussion (FGD)

Bogor (01/07) – Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Militer Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Kesiapan Transisi Penggunaan Bahan Bakar Nabati Pada Alutsista TNI dari Segi Performa Mesin” dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Militer (FTM) Brigjen TNI Aribowo Teguh Santoso, S.T., M.Sc melalui daring. Kamis (1/7)

FGD Prodi Teknik Mesin menghadirkan dua narasumber yaitu Dosen Prodi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M.Eng., dan Paban V Dalprogar Srenal Mabesal Kolonel Laut (T) I Wayan Maradana.

Keynote Speech oleh Dekan FTM Unhan RI menjelaskan sistem pertahanan dan keamanan negara membutuhkan kesiapan peralatan utama yang didukung oleh kemampuan industri dalam negeri, kepemilikan teknologi canggih dan teknologi tepat guna. tentara nasional indonesia memiliki berbagai macam kendaraan tempur yang merupakan bagian dari sistem pertahanan dan keamanan negara yang menggunakan mesin diesel,  antara lain berbagai jenis tank dan panser, kapal perang, kapal selam, ranpur , rantis, dan berbagai macam kendaraan lainnnya.

kegiatan ini diharapkan peserta dapat menambah wawasan dan memeperkaya pengetahuan, sehingga dapat digunakan dalam mendukung pelaksanaan tugas selanjutnya. serta melalui kegiatan ini dapat mendiskusikan hal-hal subtantif, mengidentifikasi hal-hal yang menjadi permasalahan serta merumuskan strategi dan langkah-langkah tindaklanjut dalam mendukung pertahanan negara.

Dalam paparannya Prof. Bambang menjelaskan jika penggerak utama yang telah dirancang untuk bahan bakar tertentu harus beroperasi dengan bahan bakar alternatif, sangatlah penting untuk dilihat kebutuhan mesin yang dirancang terlebih dahulu sesuai atau tidak dengan sifat karakteristik bahan bakar alternatif. Perlukah memodifikasi mesin atau bahan bakar bahkan keduanya dimodifikasi jika itu perlu dilakukan.

Berikutnya paparan disampaikan oleh Kol. Laut (T) I Wayan Maradhana tentang pengaplikasian penggunaan bahan bakar biodiesel (B20 & B30) serta permasalahan – permasalahan yang terjadi di KRI TNI AL.

Kegiatan ini dipandu oleh MC Kopral Kadet Prodi Teknik Mesin Syarifah Rodhatul Zakia, Moderator Dosen Prodi Teknik Mesin Dr. Edy Susanto, S.T., M.T., IPP dan kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III, Dosen dan Mahasiswa S1 Unhan RI.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X