Kadet Mahasiswa S1 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Militer Unhan RI Meraih Juara II dan Juara Harapan I Lomba Inovasi Rancang Bangun Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah Tingkat Nasional TA.2022.

Banten (27/01) – Sebanyak dua puluh lima Sersan Kadet Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Mesin Fakultas Teknik Militer (FTM) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) melaksanakan kunjungan lapangan ke Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di Serpong, Banten.

Dalam kunjungan tersebut Sersan Kadet Mahasiswa didampingi oleh Plh. Sesprodi Teknik Mesin Unhan RI Letkol Cpl. Dr. (Cand) Linus Yoseph Wawan Rukmono, S.T., M.T beserta para Dosen dan staff Prodi Teknik Mesin Unhan RI. Rombongan FTM Unhan RI saat kunjungan diterima oleh Koordinator Pengelola Kawasan Sains dan Teknologi Serpong Dwi Wiratno Prasetijo, M.Eng di Ruang Seminar Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek Serpong.

Plh. Sesprodi Teknik Mesin Unhan RI dalam sambutannya mengatakan tujuan utama dari kunjungan ini yaitu untuk menjajaki kemungkinan kerja sama dalam bidang penelitian dosen dan kegiatan pendukung pengajaran untuk kadet mahasiswa seperti eksperimen, kuliah lapangan atau tugas akhir. Disampaikan juga profil Prodi Teknik Mesin Unhan RI yang meliputi latar belakang pendirian, visi dan misi, profil dosen dan penelitiannya, karya ilmiah, serta profil kadet mahasiswa Prodi Teknik Mesin Unhan RI.

Sementara Koordinator Pengelola Kawasan Sains dan Teknologi Serpong menjelaskan sejarah dan berbagai fasilitas yang ada dalam Kawasan Sains dan Teknologi Serpong. Dalam kesempatannya Plt. Direktur Pengelolaan Laboratorium, Fasilitas Riset, dan Kawasan Sains dan Teknologi Dr. Ir. Tjahjo Pranoto, M. Eng memberikan pandangan mengenai pentingnya perwujudan kolaborasi penelitian maupun pengajaran antar lembaga seperti Unhan RI dan BRIN untuk kemajuan bangsa Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan dari beberapa peneliti antara lain Mukhtayar Perkasa, S.T., M.T., Budi Haryanto, S.T., M.T., Dr. Ir. Andi Muhdiar Kadir, M.T., dan Ahli Peneliti Utama Ilham Hatta Untuk memperkenalkan Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) sebagai salah satu wadah penelitian BRIN yang terdapat di Puspiptek Serpong.

Paparan para peneliti meliputi berbagai pencapaian jenis layanan yang dilakukan oleh Laboratorium dan Pusat Riset Teknologi Kekuatan Struktur dalam hal pengujian, kalibrasi, inspeksi dan sertifikasi. Terkait pertahanan juga disampaikan kontribusi B2TKS dalam Program Alat Material Khusus (Almatsus)/Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) bidang teknologi Hankam 2021-2025 berupa Roadmap Almatsus, automation of control system Almatsus, sertifikasi Ajibom dan Penyadap, construction design untuk Almatsus dan engine system untuk Armoured Personnel Carrier (APC) dan Armour Water Canon (AWC).

 

Rombongan Prodi Teknik Mesin FTM Unhan RI diberikan kesempatan untuk mengunjungi berbagai fasilitas pengujian B2TKS seperti mesin uji tarik, mesin uji statik sayap untuk proof of concept Pesawat Udara Nir-Awak Medium Altitude Long Endurance (PUNA MALE) kombatan, mesin uji dinamis dan metallography. Sersan Kadet Mahasiswa juga mengikuti dengan seksama satu sesi demo uji tarik besi beton ulir 32 mm dan interpretasi grafik tegangan regangan yang dihasilkan. Kegiatan kunjungan ini diakhiri dengan ramah tamah dan diskusi antara peneliti dengan dosen dan Sersan Kadet Mahasiswa Prodi Teknik Mesin Unhan RI.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama Sersan Kadet Mahasiswa, dosen dan staf Prodi Teknik Mesin Unhan RI bersama tim peneliti B2TKS.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X