Prodi Teknik Elektro FTM Unhan RI bekerjasama dengan Kominfo RI Laksanakan Webinar Sharing With Electrical Series (SWEES#1)

Bogor (26/8) – Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Militer (FTM) Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) bekerjasama dengan Kominfo RI melaksanakan Webinar Sharing With Electrical Series (SWEES#1) dengan tema “WHAT IS 5G”, dibuka oleh Dekan FTM Unhan RI Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng., melalui daring zoom meeting. Webinar Sharing With Electrical Series (SWEES#1) FTM Unhan RI menghadirkan narasumber yaitu Koordinator Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat DITJEN SDPPI Kominfo  Adis Alifiawan ST. MH., dengan topik “Berkenalan Dengan 5G”. Dekan FTM Unhan RI menyampaikan bahwa perkembangan dunia yang semakin pesat telah melahirkan babak baru pada bidang teknologi informasi salah satunya yaitu adanya jaringan 5G. Di mana jaringan 5G ini telah banyak memberikan dampak positif serta kemudahan terutama dalam penyampaian informasi yang semakin cepat. Jaringan 5G mulai beroperasi secara komersial di seluruh Indonesia. Sebagai teknologi baru, jaringan 5G tentunya akan semakin mendorong kemajuan sektor digital Indonesia.

Dapat dipastikan bahwa jaringan 5G ini lebih cepat dan memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar sekaligus andal dibandingkan dengan jaringan 4G. Di samping itu, teknologi 5G akan membuka potensi layanan tidak hanya untuk komunikasi antar manusia (human-to-human), tetapi juga mengintegrasikan jaringan manusia dengan mesin (human-to-machine) serta jejaring komunikasi machine to machine.

Teknologi 5G diyakini mampu mempercepat transformasi sosial ekonomi maupun budaya secara digital. Salah satu keunggulan dari jaringan 5G adalah kecepatan transfer data yang tinggi dan latensi yang rendah. Implementasi jaringan 5G diprediksi mampu menghadirkan pengalaman streaming video dan pengunduhan yang cepat, lancar bahkan instan. Walaupun Indonesia kini masih dalam era jaringan 4G, namun permintaan streaming dan pengunduhan video telah meningkat tajam dari sisi konsumen. Dengan banyaknya kelebihan dan kemudahan yang diberikan oleh jaringan 5G, perlu adanya pemahaman masyarakat luas tentang babak baru di bidang teknologi informasi ini.

Oleh karena itu, wajib hukumnya mahasiswa sebagai generasi intelektual civitas akademika mengetahui seputar kemajuan di bidang teknologi informasi ini. Mahasiswa dapat memberikan ketauladanan sebagai pemuda yang menunjukkan moralitas, karakter serta pengetahuan seorang mahasiswa yang memiliki jati diri dan nilai nilai kebangsaan. Diharapkan mahasiswa sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kemampuan menguasai teknologi digital, yang memiliki kemampuan, keterampilan dan daya saing di bidang teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia.

1 thought on “Prodi Teknik Elektro FTM Unhan RI bekerjasama dengan Kominfo RI Laksanakan Webinar Sharing With Electrical Series (SWEES#1)”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X