Program Studi Informatika Laksanakan Seminar Hasil On the Job Training

Bogor (16/11) – Kadet Mahasiswa Program Studi Informatika Cohort-1 Fakultas Sains dan Teknologi Pertahahan Universitas Pertahanan RI melaksanakan Seminar Hasil On the Job Training (OJT) yang berlangsung selama 2 (dua) hari yakni 15-16 November 2023. Sebanyak 25 Kadet Mahasiswa terlibat dalam pelaksanaan ini, yang bertujuan untuk mengasah keterampilan praktis mereka dalam dunia kerja di bidang Informatika. Dalam seminar hasil tersebut, Kadet Mahasiswa diuji melalui skenario-skenario praktis dan studi kasus yang mencakup aspek-aspek penting seperti sistem keamanan siber, manajemen data, dan implementasi teknologi informasi di lingkungan Kemhan dan TNI. Sidang seminar hasil On the Job Training ini terbagi menjadi 2, yakni yang pertama bertempat di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Lt.2 dengan kode kelas B2-4 dan yang kedua bertempat di Gedung Rorenkermahumas Lt.3 dengan kode kelas D3-4, Kampus Bela Negara, Sentul, Jawa Barat.

Dengan rincian pelaksanaan sebagai berikut :
Tempat : Gedung Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Lt.2 kode kelas B2-4
Rabu, 15 November 2023
Penguji 1 : Anindito, S.Kom., S.S., MTI., CHFI
Penguji 2 : Penda Tk.I III/b Aditya Adiprabowo, S.T., M.Sc
Dengan peserta sidang seminar hasil :
SMSK Ayumas Qonita Sunni, SMSK I Komang Tri Cahya Bramantara, SMSK Mhd Rizqi Nasution, SMSK Muhammad Husein Arrasid dan SMSK Prasashti Alya Anjani.

Kamis, 16 November 2023
Penguji 1 : Penda Tk.I III/b Sembada Denrineksa Bimorogo, S.T., M.T.I.
Penguji 2 : Penda Tk.I III/b Nadiza Lediwara, S.T., M.Eng
Dengan peserta sidang seminar hasil :
SMSK Akhtar Alfarisi Sriyanto, SMSK Alfiano Deni Kusuma, SMSK M. Farhan Zachary, SMSK Muhammad Fahrianda Luthfi, SMSK Nanda Selviana Putri, SMSK Rahmatul Fajri dan SMSK Rio Bintang Sadewa.

Tempat : Gedung Rorenkermahumas Lt.3 kode kelas D3-4
Tanggal : Rabu, 15 November 2023
Penguji 1 : Penata III/c Dr. Ir. Aulia Khamas Heikhmakhtiar, S.Kom., M. Eng
Penguji 2 : Letda Cpl Rochedi Idul Adha, S.Kom., M.M.S.I
Dengan peserta sidang seminar hasil :
SMSK Arya Bagaskara Pratama, SMSK Ervina Wiedyasta Angelia, SMSK Gary Ferdinand Wahyudi, SMSK Made Hayu Aretha Adira Pangastuti, SMSK Muhammad Reza Herviansyah, SMSK Narinda Genta Rosasia dan SMSK Ray Hadi Fajri.

Kamis, 16 November 2023
Penguji 1 : Letkol Laut (KH) Dr. Hondor Saragih, S.T., M.Si (Han)
Penguji 2 : Ajeng Hidayati, S.Kom., M.Kom
Dengan peserta sidang seminar hasil :
SMSK Adriel Omarpadu Pandiangan, SMSK Emirul Mukmin, SMSK Gutri Rahmad Zuwa, SMSK Muhammad Rifqi Fauzan, SMSK Rendy Cahya Aditya dan SMSK Zulfikar Zahir Hamdani.

Pelaksanaan seminar hasil ini menjadi titik puncak dari 2 (dua) bulan mereka dalam pelaksanaan OJT, dimana Kadet Mahasiswa telah ditempatkan di berbagai Instansi / Kementerian terkait Pertahanan Nasional, termasuk Pusdatin Kemhan RI, Pushansiber Bainstrahan Kemhan RI, Disinfolahtad, Pussansiad, Disinfolahtal, Satsiber Dispamsanal, Disinfolahtaau dan Satsiber Dispamsanau. Seminar hasil tersebut tidak hanya menjadi evaluasi terhadap pengetahuan teoritis Kadet Mahasiswa, tetapi juga mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan nyata di dunia kerja.

Dalam suasana penuh tegang, Kadet Mahasiswa menghadapi berbagai permasalahan yang menuntut pemecahan masalah cepat dan efektif. Hasil dari seminar tersebut tidak hanya mencerminkan kemampuan Kadet Mahasiswa, tetapi juga memberikan pandangan kepada mereka tentang sejauh mana mereka mampu mengaplikasikan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang telah mereka peroleh selama OJT. Diharapkan, pengalaman ini dapat menjadi batu loncatan yang signifikan bagi Kadet Mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikan tinggi mereka di Universitas Pertahanan RI.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X