Defender Team Unhan RI Menyerahkan Bantuan Perahu Berpenggerak Sepeda Motor untuk Masyarakat Kampung Putali Danau Sentani Jayapura

Dalam upaya meningkatkan akses transportasi bagi masyarakat Kampung Putali di Danau Sentani, Defender Team dari Universitas Pertahanan RI mempersembahkan inovasi terbaru berupa perahu berpenggerak sepeda motor. Dalam sebuah upacara seremonial yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 6 April 2024. Kolonel Inf Adam Mardamsyah, M. Han selaku  pimpinan tim, menyerahkan secara resmi perahu tersebut kepada Bapak Nulce Monim selaku Kepala Suku Kampung Putali. Perahu yang dibuat oleh Sersan Mayor Dua Kadet Teknik Mesin Muhammad Ferry Fadri dan Sersan Mayor Dua Kadet Ahmad Syafiq yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Eka Irianto Bhiftime, S.T., M.T., perahu inovatif ini merupakan implementasi dari proyek dengan judul “Desain Optimalisasi Penggunaan Sepeda Motor untuk Sarana Transportasi Darat dan Air pada Masyarakat Kampung Putali Kawasan Danau Sentani Jayapura”. Perahu yang terbuat dari material fiber dan kerangka baja ringan, serta dilengkapi dengan mekanisme penggerak dan dirancang secara mandiri yang merupakan solusi efisien dan terjangkau bagi masyarakat setempat.

Ketua tim menegaskan bahwa pembuatan perahu ini adalah bukti konkret dari komitmen Unhan RI dalam mendukung pengembangan teknologi yang tepat serta pengabdian kepada masyarakat. “Perahu ini bukan hanya sekedar alat transportasi, tetapi juga simbol dari upaya kami untuk memberikan solusi atas masalah yang dihadapi oleh masyarakat”, ujarnya.

Bapak Nulce Monim selaku Kepala Suku Kampung Putali, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inovasi tersebut. “Ini adalah sesuatu yang luar biasa. Pembuatan perahu ini pasti banyak yang berminat karena kebanyakan kami di danau hanya menitipkan motor di daerah sekitar danau, kadang-kadang banyak yang hilang, kita tidak bisa saling menyalahkan satu sama lain. Perahu yang dibuat oleh Kadet Mahasiswa Unhan RI sangatlah luar biasa, jadi masyarakat dapat membawa sepeda motornya kedalam perahu dan tidak perlu membeli mesin tempel, sehingga dapat menghemat pengeluaran”, ujarnya.

Hal ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi dari penekanan Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Hor) (Purn) H. Prabowo Subianto kepada seluruh Kadet Mahasiswa S1 Unhan RI untuk meneruskan pengabdian dan memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara, serta melakukan riset, inovasi, litbang, dan mencari solusi–solusi untuk mengatasi kesulitan–kesulitan rakyat dan negara. Perahu berpenggerak sepeda motor ini telah melalui serangkaian uji coba, termasuk uji apung dan uji fungsi di Danau PMPP TNI, dengan hasil yang memuaskan.

Diharapkan inovasi ini dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan sehari–hari masyarakat di sekitar Danau Sentani, serta menjadi motivasi bagi pengembangan teknologi lokal yang lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X