Kunjungan Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air FSTP Universitas Pertahanan RI ke Pusat Riset Kebencanaan dan Geologi BRIN

Bogor (06/06) – Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan RI mengadakan kunjungan penting ke Pusat Riset Kebencanaan dan Geologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang berlokasi di Kawasan Sains dan Teknologi (KST) Prof. Dr. Samaun Samadikun di Bandung. Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan yang didampingi oleh Tim Dosen, yakni ibu Anasya Arsita Laksmi, S.T., M.Sc.Eng, bapak Muhammad Hamzah Fansuri, S.T., M.S, dan bapak Sayed Ahmad Fauzan, S.T., M.Si, serta bapak Kapten Czi Ridwan selaku Plh. Kasubbag UM FSTP Unhan RI.

Kunjungan ini diterima oleh Kepala Pusat Riset Kebencanaan dan Geologi BRIN, Dr. Adrin Tohari, M.Eng beserta tim yakni Dr. Ir. Mohamad Ridwan dan Dr. Eng. Wa Ode Sumartini, S.T., M.T. Pertemuan ini membahas berbagai potensi kerjasama di bidang Pendidikan dan Penelitian antara kedua institusi. Diskusi yang dilakukan mencakup berbagai aspek, termasuk kolaborasi dalam Penelitian, Program Magang, dan Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan FSTP Unhan RI menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan dan Penelitian di Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI. Beliau menyampaikan, “Kerjasama dengan BRIN akan membuka banyak peluang bagi Dosen dan Mahasiswa kami untuk terlibat dalam penelitian-penelitian yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan bangsa”.

Dr. Adrin Tohari, M.Eng juga menyambut baik kunjungan ini dan menekankan pentingnya sinergi antara lembaga pendidikan dan riset dalam menghadapi tantangan kebencanaan dan geologi di Indonesia. Beliau menuturkan, “Kami berharap kerjasama ini dapat menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat dan aplikatif, serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang kebencanaan dan geologi.

Hasil dari pertemuan ini sangat berarti bagi kedua belah pihak, sebagai wadah untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, sinergi ini diharapkan dapat mendorong kinerja BRIN dalam menghasilkan riset-riset unggulan yang mampu memberikan solusi terhadap permasalahan kebencanaan dan geologi di Indonesia.

Kunjungan ini menandai langkah awal dari berbagai program kerjasama yang akan dikembangkan lebih lanjut, serta menjadi momentum penting dalam memperkuat hubungan antara Unhan RI dan BRIN. Kedua institusi berkomitmen untuk terus mengembangkan kerjasama yang produktif dan saling menguntungkan demi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X