Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air FSTP Unhan RI Laksanakan Studi Banding dan Benchmarking dengan Program Studi Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air FTSL ITB

Bandung (07/06) – Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air dibawah Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pertahanan RI melaksanakan studi banding dan benchmarking di Program Studi Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam rangka meningkatkan kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar instansi. Kunjungan yang berlangsung selama 2 (dua) hari, Kamis dan Jumat pada tanggal 6-7 Juni 2024, menjadi ajang untuk sharing knowledge dan benchmarking terhadap persiapan pembukaan Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air di di Universitas Pertahanan pada tahun ajaran 2024/2025.

Kegiatan kunjungan ini diikuti oleh Dosen dari Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air ibu Anasya Arsita Laksmi, S.T., M.Sc.Eng, bapak Muhammad Hamzah Fansuri, S.T., M.S, bapak Sayed Ahmad Fauzan, S.T., M.Si serta didampingi oleh Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M.Eng selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI, serta Kapten Czi Ridwan selaku Plh. Kasubbag UM Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan Unhan RI. Pada kesempatan ini dilakukan diskusi dan berinteraksi langsung dengan ibu Dr. Eng Nita Yuanita, S.T., M.T selaku Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FSTL) serta Dr. Eng. Arno Adi Kuntoro, S.T., M.T selaku Kepala Program Studi Teknik Pengelolaan Sumber Daya Air untuk memperdalam pemahaman tentang penerapan kurikulum OBE dan IABEE yang sedang diterapkan di ITB. Kunjungan laboratorium dan diskusi reviu kurikulum menjadi bagian penting dari agenda kunjungan ini.

Agenda kunjungan studi banding benchmarking dilakukan pada 2 (dua) tempat, hari pertama dilakukan di Kampus ITB Ganesha Bandung dan hari kedua kunjungan di Kampus ITB Jatinangor Sumedang. Kunjungan ini juga menjadi momentum untuk menjalin jaringan kerjasama antara Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air Unhan dan Program Studi Teknik Pengelolaan Sumber daya Air ITB dalam hal penelitian, pengembangan kurikulum, pertukaran mahasiswa dan sharing expert guest lecturer antar instansi. Diharapkan bahwa kerjasama yang terjalin dari kunjungan ini akan memberikan kontribusi yang positif dalam menghadirkan solusi inovatif bagi permasalahan sumber daya air di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Muhamad Asvial, M. Eng selaku Dekan FSTP Unhan RI menyatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang rekayasa sumber daya air. Beliau menyampaikan bahwa, “Dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan antar instansi, kami dapat memperkuat kolaborasi dan mempercepat inovasi dalam menghadapi tantangan-tantangan yang kompleks di bidang ini”.

Kunjungan Program Studi Rekayasa Sumber Daya Air Unhan RI ke Institut Teknologi Bandung menjadi bukti nyata dari komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di bidang Rekayasa Sumber Daya Air guna mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
X